• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

KOMUNIKASI YANG EFEKTIF , CARA MENCEGAH INSIDEN KESELAMATAN PASIEN .


Pada hari ke-8 pelatihan 5 wajib , Komunikasi Efektif menjadi salah satu materi pelatihan. Salah satu akar masalah   terjadinya insiden keselamatan pasien di rumah sakit adalah komunikasi antara Profesional Pemberi Asuhan (PPA) dengan pasien yang tidak efektif. Oleh karena itulah materi ini sangat penting diberikan pada seluruh karyawan.

Ari Setika menyampaikan  komunikasi efektif antara PPA dengan pasien dan keluarga ,  sedangkan Reni Yunitasari lebih menekankan pada komunikasi antar PPA.

Orang yang menyampaikan pesan disebut sebagai komunikator sedangkan yang menerima pesan disebut sebagai komunikan. Komunikasi akan efektif apabila komunikan memahami apa yang disampaikan komunikator dan melakukan perubahan sikap.

Disampaikan pula penulisan rekam medis harus jelas, mudah dibaca. Terlebih penulisan resep harus dapat dibaca sehingga tak akan terjadi insiden keselamatan pasien.

Acara diisi juga  dengan contoh vidio komunikasi efektif dan praktek komunikasi efektif.

(arh)

  • By admin
  • 23 Januari 2019
  • 17

Berita Terbaru


RSUD Wonosari Gelar Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pelayanan Pasca Akreditasi

Wonosari, 10 Oktober 2025 – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

CAPAIAN INDIKATOR MUTU NASIONAL (IMN) RSUD WONOSARI SEMESTER 1 TAHUN 2025

RSUD Wonosari terus berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan melalui pemantauan dan…

RSUD Wonosari Gelar Forum Komunikasi Publik: Wujud Transparansi dan Komitmen Peningkatan Layanan Kesehatan

Wonosari – RSUD Wonosari menggelar Forum Komunikasi Publik pada Rabu…