• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

MOU DENGAN RUMAH SAKIT PANTI RAHAYU TENTANG RUJUKAN BERJENJANG


Sistem rujukan berjenjang merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan medis. Pada pelayanan kesehatan tingkat pertama, peserta BPJS Kesehatan dapat berobat ke fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas, klinik, atau dokter keluarga yang tercantum pada kartu peserta BPJS Kesehatan. Sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Pasal 21 Ayat 1, salah satu manfaat pelayanan promotif preventif meliputi penyuluhan kesehatan perorangan, baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu, diharapkan fungsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tidak hanya sebagai tempat berobat, namun juga sebagai tempat masyarakat memperoleh edukasi kesehatan sebelum sakit.
 

Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Sistem Rujukan Berjenjang

1. Apakah pasien yang tidak mengikuti rujukan berjenjang dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan?

Peserta yang ingin mendapatkan pelayanan yang tidak sesuai dengan sistem rujukan dapat dimasukkan dalam kategori pelayanan yang tidak sesuai dengan prosedur sehingga tidak dapat dibayarkan oleh BPJS Kesehatan, kecuali dalam kondisi tertentu yaitu kondisi gawat darurat, bencana, kekhususan permasalahan pasien, pertimbangan geografis, dan pertimbangan ketersediaan fasilitas.

2. Untuk pasien di perbatasan, apakah diperbolehkan untuk merujuk pasien lintas kabupaten?

Jika atas pertimbangan geografis dan keselamatan pasien tidak memungkinkan untuk dilakukan rujukan dalam satu kabupaten, maka diperbolehkan rujukan lintas kabupaten.

Hari ini (18/05) RSUD Wonosari mengadakan pembahasan kerjasama tentang rujukan berjenjang ini dengan  RS Panti Rahayu, Kelor,Karangmojo, Gunungkidul .

Berikut Foto-foto  kegiatannya:


                                             

                                             

 

                                           

 

  • By admin
  • 18 Mei 2019
  • 17

Berita Terbaru


RSUD Wonosari Gelar Pemantauan dan Evaluasi Mutu Pelayanan Pasca Akreditasi

Wonosari, 10 Oktober 2025 – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD)…

CAPAIAN INDIKATOR MUTU NASIONAL (IMN) RSUD WONOSARI SEMESTER 1 TAHUN 2025

RSUD Wonosari terus berkomitmen meningkatkan mutu pelayanan melalui pemantauan dan…

RSUD Wonosari Gelar Forum Komunikasi Publik: Wujud Transparansi dan Komitmen Peningkatan Layanan Kesehatan

Wonosari – RSUD Wonosari menggelar Forum Komunikasi Publik pada Rabu…