EDUKASI KESEHATAN KE PENGUNJUNG TERUS DILAKUKAN
Sebagai upaya untuk menjamin pemenuhan hak setiap orang untuk mendapatkan informasi dan edukasi tentang kesehatan, khususnya di rumah sakit, serta menjamin terlaksananya pelayanan kesehatan yang paripurna maka perlu dilakukan secara terus menerus promosi kesehatan di rumah sakit. Promosi kesehatan adalah proses untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan menginformasikan, mempengaruhi dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung perubahan perilaku. Masyarakat di sini adalah masyarakat rumah sakit , salah satunya adalah pengunjung rumah sakit.
Edukasi kesehatan dengan berbagai cara dilakukan oleh Unit Promosi Kesehatan RS (PKRS) , salah satunya melalui penyuluhan langsung ke pengunjung. Penyuluhan langsung ke pengunjung ini paling efektif dalam meningkatkan pengetahuan pengunjung dibandingkan dengan poster atau vidio. Dalam penyuluhan langsung ada diskusi sehingga pengunjung benar-benar bisa menanyakan hal yang kurang difahami. Dari beberapa kali hasil uji coba kuesioner pre test dan post test pengetahuan pengunjung didapatkan hasil yang siknifikant secara statistik. Artinya pengetahuan pengunjung sebelum diberi intervensi penyuluhan dan setelah diberi intervensi penyuluhan berbeda nyata nilainya. Atas dasar inilah maka UPKRS terus memberi edukasi kesehatan ke pengunjung model penyuluhan langsung.
Edukasi kali ini, Selasa (13/10) mengambil topik pembatasan gula garam untuk mencegah penyakit degeneratif. Topik ini menarik pengunjung karena kebiasaan pengunjung banyak yang masih mengonsumsi gula garam berlebih. Semoga edukasi ini memberi manfaat bagi pengunjung RSUD Wonosari.
(UPKRS, 2020)
- By admin
- 13 Oktober 2020
- 17