• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

Komite Keperawatan RSUD Wonosari Selenggarakan IHT “Transformasi Keperawatan Jiwa : Strategi Inovatif Dalam Perawatan Jiwa”


Wonosari, 12/02/24 bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari. Komite Keperawatan RSUD Wonosari kembali selenggarakan In House Training (IHT) Transformasi Keperawatan Jiwa: Strategi Inovatif dalam Perawatan Jiwa. Kegiatan ini diikuti oleh perawat dan bidan RSUD Wonosari, yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan perawat dalam memberikan asuhan keperawatan jiwa yang berkualitas dan komprehensif.

Materi IHT ini disampaikan oleh dokter spesialis jiwa RSUD Wonosari yaitu dr. Ida Rochmawati, M.Sc, Sp,KJ (K) yang menyampaikan tentang pengenalan Gangguan Mental Organik, kemudian dilanjutkan  dr.Teresa Shinta Prameswari, Sp.KJ tentang Kegawatdaruratan pasien psikiatri. Sesi berikutnya penyampaian materi tentang Psychological First Aid oleh Psikolog RSUD Wonosari Evan Chairul Putra, S.Psi., M.Psi, Psikolog, serta materi tentang Teknik restrain dalam konteks perawatan kesehatan oleh ibu Aspi Kristiati, SKM, MA dari RSJ Grhasia.

Perawat di rumah sakit harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas. Keterampilan keperawatan kegawatdaruratan jiwa diperlukan untuk memberikan asuhan keperawatan kepada pasien dengan gangguan jiwa yang mengancam jiwa atau membahayakan diri sendiri atau orang lain. Selain itu, perawat  juga harus memiliki sikap empati dan memahami kebutuhan pasien. Komunikasi terapeutik harus dilakukan dengan cara yang empatik, hangat, dan mendukung. Perawat harus berusaha untuk memahami sudut pandang pasien dan menghargai pengalamannya. Perawat juga harus menghindari menghakimi atau menyalahkan pasien.

     

     

(UPKRS_2024)

  • By admin
  • 15 Februari 2024
  • 17

Berita Terbaru


DPK PPNI RSUD Wonosari selenggarakan Seminar Keperawatan “Transformasi Kesehatan : Manajemen Kesehatan Ginjal”

Wonosari, 12/05/24 bertepatan dengan Hari Perawat Internasional dan Hari Ulang…

Rapat Koordinasi Rencana Peningkatan Unit Diklat dan Akreditasi Diklat

Wonosari, 11/05/24 bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari telah dilaksanakan…

Pelepasan PIDGI angkatan IV bulan November Tahun 2023

Wonosari, 06/05/24 bertempat di Aula Bima RSUD Wonosari telah dilangsungkan…

Kunjungan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Yogyakarta ke RSUD Wonosari

Wonosari, 02/05/24 bertempat di Ruang Pertemuan Direktur RSUD Wonosari. RSUD…

In House Training Penyusunan RKA 2025 dan Entry Aplikasi Arena

Wonosari, 06/05/24 bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari telah dilaksanakan…