• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK DI RSUD WONOSARI


Sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah di bawah Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, RSUD Wonosari terus dituntut untuk terbuka kepada masyarakat perihal informasi publik. Hal ini sesuai dengan perintah Undang Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan  Informasi Publik. 

UU KIP, atau UU 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan pertama, hak setiap orang untuk memperoleh Informasi; kedua, kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan / proporsional, dan cara sederhana; ketiga, pengecualian bersifat ketat dan terbatas; keempat, kewajiban Badan Publik untuk mernbenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menegaskan sebagaimana dalam Pasal 28 F UUD Negara RI  Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh Informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, dan menyimpan Informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Atas dasar hal di atas RSUD Wonosari melalui PPID RSUDW  terus berbenah dengan memberi berbagai informasi kepada masyarakat. Hal itu dapat dilihat pada Website RSUDW pada kolom Informasi terdapat subkolom  Data Informasi Publik  dan Pengajuan Informasi Publik. Kedua subkolom tersebut berisi berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat. Ada tentang Standar Operasional Prosedur, tentang alur pengaduan, tentang ringkasan laporan  keuangan dll. Masyarakat juga bisa mengajukan permohonan informasi publik kepada RSUDW dengan cara mendaftar dahulu di subkolom Pengajuan Informasi Publik. 

Semoga RSUD Wonosari terus menjadi organisasi perangkat daerah yang terbuka terhadap informasi  publik. 

(UPKRS, 2020)

  • By admin
  • 03 Juli 2020
  • 17

Berita Terbaru


PENERIMAAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UII YOGYAKARTA PERIODE 15 APRIL 2024 DI LINGKUNGAN RSUD WONOSARI

Wonosari, 15 April 2024 Bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari,…

RSUD Wonosari Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Lokasi Sentinel Dengue (S3D)

Wonosari, 04/04/24 bertempat di Aula Bima RSUD Wonosari, RSUD Wonosari…

UPZ RSUD Wonosari bagikan Paket Lebaran Kepada Anak Asuh RSUD Wonosari

Wonosari, 05/04/24 bertempat di Halaman belakang RSUD Wonosari UPZ atau…

Ramadhan Berkah: Rohis RSUD Wonosari Bagikan Sembako pada Masyarakat Sekitar

Wonosari, 03/04/24 bertempat di halaman belakang RSUD Wonosari, Tim Rohis…

Serah Terima Jabatan Direktur RSUD Wonosari

Wonosari, 30/03/24 bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari telah terlaksana…