• (0274) 391007, 391288
  • rsudwonosari06@gmail.com

TALK SHOW TENTANG 4 MASALAH GIZI DAN 2 MASALAH GIZI BARU DI RADIO SWARA DHAKSINARGA


Setiap Rabu siang pukul 13.00 sd 14.00 WIB , RSUD Wonosari mengadakan acara edukasi kesehatan ke masyarakat Gunungkidul melalui radio swara dhaksinarga 89,9 FM di Wonosari. Acara ini merupakan kerjasama RSUD Wonosari (dalam hal ini Unit PKRS) dengan Pemkab Gunungkidul (dalam hal ini adalah Dinas Kominfo). Acara sudah berlangsung sejak  Mei 2020. Sudah banyak narasumber yang kita undang dalam acara bertajuk "talk show" ini, diantaranya dokter jiwa, dokter dalam, dokter paru, dokter syaraf, perawat PPI, keselamatan pasien, apoteker dll. 

Rabu ( 23/09) kembali diadakan talk show dengan pembicara Arinto Hadi, M.Gizi mengambil topik  4 Masalah gizi di Indonesia yang belum selesai dan 2 masalah gizi baru. Edukasi menjelaskan tentang pengertian gizi dan bagaimana peranannya bagi tubuh manusia. Empat masalah gizi yaitu Kurang Kalori Protein (KKP), Kurang Vitamin A (KVA), Anemia Gizi Besi (AGB) dan Gangguan Akibat Kekurangan Iodium (GAKI) dijelaskan dengan gamblang oleh Arinto. Di samping itu, dua masalah gizi baru yaitu Stunting dan obesitas juga dibahas secara gamblang. Seribu hari kehidupan sebagai periode emas dan kaitannya dengan stunting juga dibahas. 

Stunting yang saat ini menjadi masalah Gizi nasional , bahkan presiden Joko Widodo berkali-kali dalam setiap pidato tanggal  16 Agustus menyampaikan bahwa Stunting menyebabkan loss generation sehingga kualitas SDM ke depan menjadi menurun. Oleh karena itu stunting harus dicegah dengan memberikan gizi yang cukup pada saat ibu hamil dan 2 tahun usia bayi (dikenal sebagai 1000 hari kehidupan).

Acara juga mendapat interaksi dari pendengar radio yang menanyakan tentang masalah Gizi pada Diabetes Mellitus dan Efek gizi terhadap kondisi otot. Semoga edukasi kali ini memberi manfaat yang berlebih kepada masyarakat Gunungkidul. 

(UPKRS, 2020)

  • By admin
  • 26 September 2020
  • 17

Berita Terbaru


PENERIMAAN DOKTER MUDA FAKULTAS KEDOKTERAN UII YOGYAKARTA PERIODE 15 APRIL 2024 DI LINGKUNGAN RSUD WONOSARI

Wonosari, 15 April 2024 Bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari,…

RSUD Wonosari Lakukan Monitoring dan Evaluasi di Lokasi Sentinel Dengue (S3D)

Wonosari, 04/04/24 bertempat di Aula Bima RSUD Wonosari, RSUD Wonosari…

UPZ RSUD Wonosari bagikan Paket Lebaran Kepada Anak Asuh RSUD Wonosari

Wonosari, 05/04/24 bertempat di Halaman belakang RSUD Wonosari UPZ atau…

Ramadhan Berkah: Rohis RSUD Wonosari Bagikan Sembako pada Masyarakat Sekitar

Wonosari, 03/04/24 bertempat di halaman belakang RSUD Wonosari, Tim Rohis…

Serah Terima Jabatan Direktur RSUD Wonosari

Wonosari, 30/03/24 bertempat di Aula Yudistira RSUD Wonosari telah terlaksana…